Sabtu, 10 September 2016



Inilah salah satu kebiasaan katrok ala saya yang betul-betul nunjukin kalau saya ini wong ndeso asli. Hihihi. Iyup, rajin nyelengin di toples atau bekas wadah makanan, untuk beli barang yang harganya agak mahal termasuk untuk berkurban, adalah kebiasaan saya dari jaman masih jomblo hingga menikah. Bedanya, sekarang lebih disiplin dan terencana kali ya. Kalau dulu lebih sering seenaknya, tujuan nggak jelas dan tanpa perencanaan yang matang.

Buat saya, nyelengin di wadah apapun nggak masalah. Karena saya nyelengin untuk beberapa pos, makanya biar ngirit saya lebih milih pake wadah bekas saja. Kadang karena pos tabungan ada banyak (untuk tabungan pendidikan anak, beli barang X, kurban, dana perjuangan dsb), sampai saya kehabisan wadah untuk nyelengin recehan. Sampai gayung yang pecah pun nekat dipakai. Gayungnya di plester lalu atasnya ditutup dengan lakban. Taraa...jadilah celengan ala-ala. Hahaha. Dasar emak ngirit. :D

Baca juga : Smartphone, Mengubah Saya dari Emak Kucel jadi Emak "Ajaib"

Ya, karena yang paling penting kita bisa disiplin nyelengin kan? Apalah guna beli celengan segede kambing kalau bawaannya pingin mukul pake palu? Kadang, kalau masih sayang, celengannya dilubangi kecil di bawahnya. Sejimpit demi sejimpit diambil. Lama-lama? Ya, nggak bakalan nambah-nambah. Orang diambil mulu. :p

Oke, kembali pada "Berkurban dari Toples". Saya sudah mempraktikkan ini sejak tahun 2012, ketika saya dan suami memutuskan resign dan memilih usaha kecil-kecilan di rumah. Karena pendapatan kami harian, maka ini semakin memudahkan untuk merencanakan berkurban. Dengan penghasilan kami yang fluktuatif, kadang naik kadang turun, disiplin nyelengin sedikit demi sedikit ternyata sangat membantu sekali bagi kami. Sehingga saat Hari Raya Qurban tiba, kami tidak perlu panik karena biaya kurban sudah dipersiapkan dari nyelengin di toples.

Meski hanya nyelengin di toples, tapi praktiknya harus saya rencanakan matang-matang. Jadi tidak asal-asalan kalau ada recehan sisa lalu dicelengin di toples. Inilah beberapa tips dari saya saat nyelengin di toples untuk beli hewan kurban.

1. Tentukan tempo menabung.

Saya biasa memilih tempo waktu yang tidak terlalu lama untuk menabung. Ini untuk memperkecil godaan dari segala bentuk ketidakdisiplinan. Apalagi untuk seorang emak erte yang mengurus bocil-bocil macam saya, agak sulit untuk disiplin menabung, menyisihkan uang di celengan tiap hari. Maka, saya biasanya memilih tempo waktu 3-6 bulan tergantung berapa besar biayanya dan kelonggaran uang untuk ditabung.

Seperti saat kurban di tahun ini, saya kemarin baru mulai merencanakan menabung mulai tanggal 1 Juni 2016 karena sebelumnya sudah ada beberapa pos tabungan yang kudu diselesaikan dulu. Jika hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Senin, tanggal 12 September 2016, ini artinya saya punya waktu 103 hari untuk menabung biaya kurban.

2. Tentukan kira-kira berapa besar biaya untuk membeli hewan kurban.

Kalau di Solo Raya--karena mertua saya jualan hewan qurban--biaya untuk membeli kambing yang layak qurban sekitar 1,6 juta (sudah termasuk biaya transport dan pemotongan). Ini artinya paling tidak saya harus bisa nyelengin tiap hari sebesar Rp. 15 ribu. Saya punya waktu selama 103 hari untuk menabung, lalu dikalikan 15.000, maka akan kita dapatkan Rp. 1.545.000. Masih kurang sedikit, bisa kita tambah dari penghasilan kita. Setidaknya nggak terlalu berat kalau hanya nombokin sedikit kan?

Itu cara saya ketika terpaksa ambil tempo agak mepet karena ada kebutuhan lain yang lebih didahulukan. Tahun lalu, saya biasa ambil tempo 6 bulan. Jadi lumayan agak ringan nyicilnya. Kalau kamu bisa disiplin nyelengin dalam waktu setahun ya malah lebih baik. :)

3. Setelah kumpul agak banyak, uangnya bisa ditabung dulu ke bank.

Biasanya setelah terkumpul 300 - 400 ribu, saya akan tabung ke bank agar uangnya tidak amblas keambil untuk kebutuhan lain. Ini setidaknya membantu banget saat kita tergoda untuk mengambil uang celengan. Biar tidak kecampur yang lain, jangan lupa untuk mencatat, berapa uang untuk kurban yang sudah kita titipin ke rekening kita.

4. Jika kepepet boleh diambil, tapi statusnya hanya pinjam dan lekas dikembalikan.

Mungkin ada kebutuhan yang sangat mendesak. Mau tidak mau harus mengambil uang tabungan untuk kurban. Ini boleh-boleh saja, asal statusnya hanya pinjam. Karena pinjam, otomatis harus segera dikembalikan jika sudah ada uang. Jangan lupa untuk mencatat, berapa uang yang kita pinjam. Agar tidak berat membayar, boleh pakai cicilan (tetap harus dicatat lho ya). Dengan begini, uang tabungan akan tetap aman.

Inilah beberapa hal yang saya lakukan untuk menabung biaya pembelian hewan kurban. Yang jelas, ketika kita menabung, ada tiga hal yang harus kita perhatikan. Pertama, tujuannya harus jelas. Kedua, rencanakan dengan matang-matang. Dan ketiga, harus disiplin.

Mungkin cara saya ini bisa dipraktikan tahun depan ya. Atau emak-embak punya cara lain yang lebih wokey lagi agar bisa berkurban? Bisa sharing disini ya. :)

16 komentar:

  1. mak, aku ketawa baca bagian celengan darurat mu, gayung yang ditambal, khehehee

    tapi pas baca point selanjutnya, aku jadi terpacu buat bikin rekening sendiri deh buat taruh uag tabungan yang biasa aku selipin di tmpat rahasia, kalau taruh di rekekning yang sdh aku punya pasti tak pake blanja onlen shop, hikss

    makasih yah mak, ini tipsnya simle tapi aku merasa efektifitasnya dapet!

    salam kenal mak Isnaini

    buleipotan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, Mak. Ayo buat rekening lagi :D

      Hapus
  2. Aku pernah berkurban degnan cara arisan sebulan Rp 100 ribu ke om aku mba. Rame2 ama sodara2 yang lain. alhamdulillah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut arisan juga salah satu cara yang bagua untuk bisa berkurban, mbak. Lanjutkan :D

      Hapus
  3. Ide bagus mba ^_^ d rumah baru fokus ngumpulin duit 20rb aja. Bs nih dcoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak juga emak yang nyelengin tiap ada kembalian uang 20 ribu mbak. Hasilnya juga oke. :)

      Hapus
  4. Bisa dicontoh nih nabungnya buat aqiqah si kecil nanti. Setelah itu baru deh qurban :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, iya mbak. Dulu juga saya nyelengin buat aqiqah dulu baru qurban. :)

      Hapus
  5. keren mbak tipsnya

    kalo aku biasanya butuh kepake malah lupa ga dibalikin. Untungnya tiap menjelang hari raya qurban ada aja rejeki sehingga kami tetep bisa berqurban

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya, mbak. Emang kalo niat qurban itu insyaAllah akan diberi kemudahan untuk bisa berqurban. :)

      Hapus
  6. Wah keren nih bu.. bisa dicoba juga nih :)

    BalasHapus
  7. Saya kalau pakai celengan, kebiasaan habis buat belanja. Karena kemudahan untuk mengorek isi celengan inilah, rasanya saya nggak cocok.
    Saya orangnya nggak tertib deh. Aduh, nggak bisa seperti mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting semaksimalnya lah mbak. Kalo seumpama bisa nabung ke bank ya malah bagus juga. Setiap ibu punya cara sendiri untuk merencanakan masa depan. :)

      Hapus

Mohon maaf komentarnya saya moderasi. Hanya untuk memastikan ada komentar dan komentarnya sopan. Terima kasih. :)

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!